Oleh: erwinbaskara | 11 November 2009

Menkominfo Rangsang Peningkatan Penggunaan Produk IT Lokal

JAKARTA–Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Tifatul Sembiring, mengatakan pihaknya akan merangsang peningkatan penggunaan produk IT lokal di Indonesia. “Kita akan rangsang untuk meningkatkan produk IT lokal,” kata Tifatul Sembiring saat membuka Pameran Indocomtech 2009 bertema “see IT more” di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan, perkembangan IT sangat cepat dengan perbandingan penawaran dan permintaan yang begitu tinggi.
Bahkan belanja produk IT Indonesia tahun lalu hampir mencapai Rp100 miliar yang sebagian besar terserap ke luar negeri.”Belanja IT kita meningkat dan bisnis IT yang berputar juga terus meningkat hampir Rp100 miliar yang sebagian besar ke luar negeri,” katanya.

Menteri berpendapat, dana sebesar itu idealnya juga bisa turut dinikmati oleh pebisnis dan pelaku IT di dalam negeri.
Oleh karena itu, pihaknya akan mendorong dan merangsang penggunaan produk IT lokal bagi masyarakat di tanah air.
Penggunaan produk lokal untuk IT dinilai lebih efisien dan lebih ekonomis. “Kita upayakan agar informasi menjadi murah dan terjangkau. Saat ini sudah mulai terasa harga produk IT sudah semakin turun,” katanya.

Dengan harga yang terjangkau maka pengakses informasi melalui berbagai sarana akan lebih banyak. Pihaknya juga mengaku sangat memahami perkembangan kebutuhan masyarakat yang informatif, murah, dan terjangkau. “Kita masih memiliki indikator yang rendah mulai dari penetrasi komputer yang masih 8 persen, internet 12,2 persen, pengembangan software 80 ribu, dan pengembangan “hardware” (perangkat keras) 5.800. Kami harap angka ini bisa dilipatgandakan melalui pameran ini,” katanya. ant/kpo

Sumber : http://www.republika.co.id


Tinggalkan komentar

Kategori