Oleh: Sigit Purnama | 26 Oktober 2009

Jaminan Akses Broadband Internet 1Mbps bagi Setiap Warga?

Pemerintah Finlandia melalui Ministry of Transport and Communications, mengumumkan rencana kebijakan akses broadband internet dengan kecepatan 1Mbps bagi tiap warganya. Kebijakan ini rencananya akan mulai berlaku per Juli 2010 dan akan ditingkatkan menjadi 100Mbps pada akhir tahun 2015.

Hingga saat ini, pemerintah Finlandia belum memberikan informasi detail mengenai persyaratan administratif mengenai kebijakan ini, seperti tarif, berapa jumlah koneksi per keluarga, apakah seseorang yang telah terbukti bersalah melakukan kejahatan internet (hacker, internet scam and fraud, cyber stalking, identity theft, etc), dan lainnya.

Berdasarkan data internet world stats melalui data ITU per Maret 2008, pengguna internet di Finlandia telah mencapai 3,6 juta pelanggan. Finlandia berada pada urutan ke-21 pada daftar negara dengan tingkat penetrasi internet tertinggi di dunia (68,6% pengguna internet dari total penduduk Finlandia). Sebagai perbandingan, negara dengan tingkat penetrasi internet terbesar di dunia, Greenland, memiliki tingkat penetrasi sebesar 92,3%.

Bagaimana dengan Indonesia? Walaupun mencatat peningkatan pengguna internet yang signifikan (1.150%), namun tingkat penetrasi internet di Indonesia masih kecil, yaitu sebesar 10,4%. Diharapkan dengan peningkatan infrasturktur dan penurunan tarif koneksi internet, pertumbuhan penetrasi internet di Indonesia akan terus meningkat dalam beberapa tahun ke depan.


Tinggalkan komentar

Kategori